Keluhan bwat JNE

Well maybe now I wanna share something out of the context beside Korea, it’s about one of shiping service in Indonesia, JNE. It’s better if I talk in Indonesian.

*sory dibawah gw bakalan pake ‘gw’ dan ‘aku yah*

Baru beberapa jam yang lalu aku baru cekcok ama kurir JNE di tengah jalan. Masalahnya panjang, well let me try to recite it in a brief.

 

Udah dari seminggu yang lalu, hari senin,  temen aku ngirimin barang ke aku, niatnya sih supaya perkiraan hari rabu *dalam 2 hari* itu nyampe soalnya tadinya kita kan gak kan ketemu dalam 2 hari, eh padahal hari jumatnya kita ketemuan koq, masalhnya udah seminggu itu yg berarti dah hari senin lagi brang yang di JNE itu blom nyampe. Aku tadi langsung sms aja nanyain dengan baik-baik ngesms ‘barang dgn no resi skian… atas nama *nama gw* udah sampai mana yah? udah agak lama beberapa jaman gitu blom dibales, kesel dong takut di besok-besokin lagi eh masih di jwab, berhubung gw gak ada pulsa si kurir beda lagi no nya ma gw, secara mahal dong nelepon gw miscall in aja, temen aku yang ngirim jg jadi ikut kesel dia ikut misscall aja trus dia bilangnya bakalan ngancem di kasih tau ke pusat gitu deh complaint. Nah akhirnya kayaknya si kurirnya tuh kesel trus tiba2 ngebales sms kayak gni ‘Maknya ngasih alamat jgn asal2an giliran saya kirim asal2an saya juga yg disalahin! Skrg saya mau ketemu *nyebit nama gw* langsung bisa gk?’ Dalam hati gw ‘gila nih kurir sms nya koq gni bgt, pake tanda seru lagi, apaaan nih’ ya udah aku langsung jwb aja msih dgn intonasi yg sopan ‘Maaf yah kenapa jadi anda yg marah anda jg blom nanya ke saya atau konfirmasi alamat, atau minta alamat lain, saya cman penerima yg gak tau apa2, saya hanya ingin meyakan aja paket saya sudah dmna, klo menurut anda alamatnya masih krg jelas kenapa gak baik2 jwb sms sayaminta alamat yg jelas, malah anda nantang ketemuan langsung, apa2an itu koq jadi saya yg disalahkan’

si kurir bales lagi ‘saya sudah b’kali2 nelvon k’no yg ada dipaket tp gk pernah ada jwban… dsmspun sma gk prnh balez… Skrg saya mu tanya! Mau paketnya keterima gak? klo mau sok ketemuan langsung dmna mumpung saya masih di *kawasan alamat*’ <– ini tuh semakin bkin gw anas tau gak, setelah dteng tanda seru yang kedua si kurir ini kesannya koq malah ngancem gitu yah pake blg ‘Mau paketnya keterima gak?’ ini pantes gak sih sebetulnya keluar dari mulut seorang jasa kurir secara kurir harus tau dong basic si costumer itu kan emang pengen barangnya cepet ada dan sampai, jadi ini tuh kesannya ngancem trus maksa.

Gw jwab lagi ‘Ke no mana? Saya gak pernah menerima satu telp pun makanya saya nanya via sms tadi. Saya sdng bekerja skrg klo anda sdah di *kawasan alamat* silahkan krim ke *gw kasih alamt yg baru, tpt kerja bokap gw, mungkin kan maksudnya dia gak nemuin alamat yg ada di paket*’

Kurir jwb lagi ‘Ini *nama gw* mana? Saya harus ketemu orgnya lansgung takut salah lgi ntar saya yang repot lgi… Klo gk bsa hari ini kpan saya bisa ketemu?’ komentar gw yah itu si kurir blg ‘saya yg repot lagi’… yey namanya kerja situ, repot ya masalah elo x,kenapa gak mau repot? klo gak mau repot ya jgn kerja aja sekalian ampun di lama2 kurir tuh kayaknya gak tau diri, kita kan udah bayar mereka.

 

Ya udah gw jwb lgi ‘Anda bikins aya bolos kerja aja. Ya sudah anda dmna? kenapa anda gak tau *kawasan alamat dipaket* itu dmna?’ Srjauh ini gw masih pake kata saya dan anda, kliatannya malah gw yg lebih sopan yah, secara gw sih berpendidikan.

 

Eh tau2 nya si kurir ntah kenapa kyaknya si kurir ini lagi banyak masalah apa stup*d gitu tiba2 marah2 lgi ‘Ibu yg ribet ngasih alamat ! *tanda seru ketiga dteng brow… gw disini marah banget.. kerja udah gak fokus pokoknya, muka jadi merah, ngenes banget, kayak yag gak dihargain gw sebagai konsumen* B’tahun2 saya kirim ke daerah *kawasan alamat* blum pernah seribet ini. Saya sudah di *tpt yg udah dket alamat paket gw*’

Kenapa sih ini kurir malah marah yah ke gw, trus isi sms diatas tuh isinya curhat blg gw yg salah, trus ngebandingin ama pengalaman pekerjaan dia udah bertahun-tahun. Bertahun2 koq gni melayani pelanggan. Trus langsung aja gw jwb dgn sedetail2nya alamat paket yg gw ini tuh dmna, ini tuh sbetulnya dket tukang galon gitu, sampe si kurirnya bales ‘Mu diambil gk neh paketnya?’ . Gw sampe istigfar nih baca balesan sms yg satu ini, pkonya sms tuh trus smpe gw beres kerja dan gw keluar tpt kerja gw dan ketemu si kurir yg lgi nongkrong di warung sbeleh tpt kerja gw. Di jln gw msih ngenes kan langsung blg ‘mas gak tau nih nih, ini tuh no 12 itu, gak bisa apa nyari ato nanya?’ si kurir bales blg ‘iya bu saya jg udah nyari tanya sana sini tapi gak ada yang tau no 12’. Ampun dalam hati gw apa susah gitu nyari satu persatu no, masa kurir gak bisa nyari no rmh. Trus si kurirnya masih nyolot ‘ini bu no telp ibu ini gak bisa di hub’ gw jwb ‘ini tuh bukan no saya mas, harusnya mas nanya ke pengirimnya aja’ trus si kurir masih ngeles ‘saya tadi sudah dteng ke tukang galon *yg disamping bgt rmh alamat paket gw* katanya gak tau nama ibu, org2 disekitarpun gak tau nama ibu’, gw jwb lagi gak mau kalah ‘mas kirimin aja ke no 12 emang susah gitu saya kan kerja mas disitu bukan tinggal’ si kurir tetep gak mau ngalah ‘kenapa di alamat paketnya ibu gak tulis aja tempat kerja ini tuh’ gw semakin marah ‘itu kan yg nulis si pengirimnya mas, mana tau si pengirimnya itu tpt kerja saya’ pokoknya gw semkin marah dan pengen ngebejek2 paketnya, klo paketnya gak gw tunggu amet gw bakaln lempar tuh paket saking marahnya, udah aja. Pokoknya disini gw pengen ngeluarin unek-unek gw, emang gw nerima ada beberapa keslaahan dri pihak gw kayak tmen gw yg gak nyantumin langsung no hp gw, malah nyantumin no dia, dan dianya super sibuk jdi pas di telp si kurir dia gak bisa jwab, tapi tmen gw blg koq stiap si kurirnya nanya pke sms, dia bales, tapi diatas si kurirnya blg dia gak pernah dpet jwbn sms ttg alamt yg jelas, ntah mana yg boong, yg pasti gw percaya kurirnya yg stup*d *dan ini yg di bilangin ama tmen aku klo si kurir ini tuh lemot dan bodoh*ato operatornya yg emang suka gak nyampe sms, tapi masa sih gak percaya kayaknya kurirnya aja nih yg teledor. kedua org2 disekitr tempat kerja gw gak tau nama asli gw, dan bodohnya si kurir kenapa dia kataknya dah jdi kurir bertahun2 tapi gak ngeuh klo alamat itu tuh tempat bimbel *tpt kerja gw* dan ada kemungkinan paket itu tuh bwat salah satu staf disitu.

 

Yg paling bikin gw marah adalah jwabn sms2 si kurir yang merendahakan konsumen, susah gitu bicara sopan, klo si kurirnya nanya dan bales dgn sopan, percekcokan dan ngenes di hati gw ini tuh gak bakalan ada, yg ada gw pasti klo diminta alamt yg jelas gw bales, trus misal klo dia dah nyampe trus blg ‘maaf bu tdi sudah sampai di tkg galon dket sma alamtnya tapi gak tau nama ibu’ gitu kan enak gw jg pasti segan jwabnya ‘iya mas, maaf, mungkin org2 disekitar gak tau nama saya tolong mas dteng aja langsung ke tempat bimbel dan langsung tunggu dket tpt bimbel bla bla bla’ kan klo gitu enak di gwnya dan pasti enak disi kurirnya jg, gak makin ribet, ini malah pake nge sms ‘mo diambil gk paketnya?…. ibu yg ribet… ‘ istigfar gw.

 

Setahu gw yah bljr di kmpus klo kita punya usaha itu konsumen jadikan yg no 1 dan raja atas segala raja, perlakukan mereka dgn baik karena mereka yg bayar pegawai, bila perlu jika konsumen merasa tidak puas, bikin mreka puas kayak bayar ganti rugi, ato beri sesuatu yg layak atas kesalahan mereka meskipun itu bukan pure kesalahan dri si perusahaan/ pegawainya’. Ini nih tips nya punya usaha yg adem ayem dan jauh dari komentar-komentar negatif, jadi aja gw sbgai konsumen menganggap bahwa karyawan kurir itu tuh tidak berpendidikan.

Sekarang gw malah merasa trauma pake jasa JNE….masalahnya ini gw ngasih alamat ke alamat tpt kerja itu bukan apa2 sebelumnya paket2 suka dikirim ke rumah tapi suatu saat lgi gak ada siapa2 di rmh trus dititipin ke tetangga, eh si tetangganya nyampein apa yg si kurir blg smbil ngasih paketnya, katanya ada alamat lain gak supaya si kurir gak harus jauh-jauh nganter ke rumah gw *emang sih rmh gw itu rada masuk-masuk ke pedesaan gitu* tapi gak etis aja yah minta gak bkin paket dianterin kesitu lagi, ya itu sih resiko jadi pengantar barang kali, mau jauh, mau terpencil, mau ke papua sekalipun kan, kita udah bayar ini koq.

 

Gw skrg mau nyaranin aja mending skrg pake jasa pengiriman barang pake POS INDONESIA aja, ini tuh perusahaan negara, meskipun dalam satu wilayah kantor pos cman ada satu, gak banyak kayak JNE aku suka ama pelayanan pos, suatu hari ada paket gw dikirim pake pos, di rmh gak ada siapa2, si tkg posnya smpe nelp ke ibu dgn sopan  nanyain ibu kerjanya dmna, trus sampe disamperin ke tpt kerja, dan tukang pos tuh sewilayah dia udah tau biasanya tempat2 ama nama2 warga disitu, secara tukang pos kan biasanya warga lokal. Selain itu pernah tkng pos dteng ke rmh abis nganter paketnya eh dia dgn sopan nanyain bokap gw gmna kabarnya sehat, ampun ramah bgt sampe canggung gw juga, mungkin jg tkang posnya udh tau kali bokap gw.

 

No offense yah gw cman mau ngungkapin aja isi hati ini, soalnya dri tadi cekcok dada ini berat banget pengen teriak, siapa yg salah, siapa yg konsumen, siapa juga yang dimarahin. Klo enggk gni gw gak bakalan bisa tidur, harus ada yg tanggung jwb klo udh curhat gni smoga klian yg baca bakaln komen trus bisa ngehibur gw gitu ehehe… yo ah peace… majukan POS INDONESIA ehehehe

4 Responses so far »

  1. 1

    haneyfha07 said,

    sabar ya, Ace.
    Setidaknya jadi pengalaman tahu kalau ga semua kurir jasa pengiriman menjalankan tugasnya dengan baik sesuai kewajibannya.^^ haha, aku yang baca samada pasti keselnya d sms semacam itu.🙂

  2. 2

    Iya han hadeuh, da aya2 wae masa, jadi kesel mereketengteng

  3. 3

    hmmm ya sudah kedepannya kita pakai jasa pos indonesia aja, yang sudah melegendaris sejak nenek dan kakek kita muda dulu


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: